Mengenal Microsoft Office



Microsoft Office adalah salah satu perangkat lunak (software) aplikasi perkantoran yang dikemas dalam satu paket, yang didalam paket tersebut mempunyai beberapa aplikasi dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda. Aplikasi ini memenuhi semua kebutuhan perusahaan atau perorangan dalam melakukan dokumentasi, pengolahan data, administrasi, pelaporan dan lainnya. Beberapa aplikasi terkenal yang terdapat dalam paket Microsoft Office adalah Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint. Hingga kini Microsoft Office mempunyai versi terbaru yaitu Microsoft Office 2019.




    Microsoft Word

    Microsoft Word atau disebut juga dengan Word adalah sebuah perangkat lunak pengolah kata (word processor) atau bisa diartikan sebagai aplikasi untuk melakukan kegiatan membuat surat atau dokumen pada sebuah komputer yang nantinya surat tersebut dapat langsung kita cetak melalui sebuah printer. Jadi tidak perlu membuat surat secara manual ya Sobat. Akan tetapi untuk membuat dokumen surat-surat tersebut, sobat harus mengetahui bagaimana aturan-aturan dalam membuat dokumen surat melalui aplikasi Ms. Word. Jangan kawatir sobat, di situs ini menyajikan sebuah tutorial praktis yang akan membahas seputar aplikasi Microsoft Word.


    Microsoft Excel

    Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang memiliki fitur kalkulasi dengan berbagai macam rumus. Berbeda dengan Microsoft Word yang hanya dapat mengeolah kata, Microsoft Excel lebih kepada membuat dokumen dengan fungsi-fungsi menghitung. Fitur rumus tersebut dinamakan Formula, ini yang menjadi perbedaan dasar dengan aplikasi Microsoft Word. Dalam Formula kita dapat menggunakan rumus-rumus seperti menghitung jumlah, kurang, bagi, kali, mencari rata-rata, dan masih sangat banyak lagi fungsi daripada rumus tersebut.


    Microsoft Power Point 

    Microsoft Power Point adalah aplikasi yang mempunyai fungsi untuk mendukung presentasi dalam bentuk visual dan audio. Biasanya aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa ketika mempresentasikan hasil skripsi, digunakan oleh seorang pembicara ketika akan mempresentasikan bahan materinya, digunakan oleh seorang pengusaha saat mempresentasikan bisnis usahanya, digunakan oleh seorang pendidik (guru/dosen) ketika akan memberikan materi kepada siswa/mahasiswanya, dan masih lagi contoh yang menggunakan Aplikasi Pendukung Presentasi ini.


    Microsoft Access 

    Microsoft Access adalah aplikasi pengolah data berbasis relasional, yang berfungsi untuk mempermudah dalam membuat/mengelola database. Jika kita sudah mempunyai pengalaman yang lebih dalam menggunakan Microsoft Access, aplikasi dapat digunakan dan berfungsi untuk membuat aplikasi seperti program aplikasi gaji karyawan, program aplikasi jumlah karyawan, bahkan aplikasi yang lumayan rumit dengan menggunakan database. Selain menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel, tidak ada salahnya Sobat membuat program dengan Ms. Access, sehingga Microsoft Office dapat digunakan secara optimal.  
     


    Post a Comment

    Lebih baru Lebih lama